Memaknai Hari Pendidikan Nasional


     Pada hari ini yaitu tanggal 2 Mei bangsa Indonesia memperingati salahsatu hari yang begitu bermakna yaitu Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). Pada tanggal ini juga bertepatan dengan kelahiran salahsatu tokoh nasional yang dikenal sebagai bapak pendidikan yaitu Ki Hadjar Dewantara. Beliau merupakan tokoh yang memperjuang pendidikan di Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui pada zaman penjajahan Belanda bangsa Indonesia tidak mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Pada saat itu pendidikan hanya diperbolehkan untuk kaum bangsaan dan orang-orang Belanda saja, sedangkan para pribumi tidak diberi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan. Untuk itu Bapak Ki Hadjar Dewantara berusaha untuk memperjuangkan pendidikan bagi para pribumi salahsatunya dengan mendirikan Taman Siswa agar masyarakat pribumi bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Taman Siswa ini merupakan cikal bakal berdirinya lembaga pendidikan di Indonesia. 
     Atas perjuangan beliau saat ini kita bisa memperoleh kemudahan untuk mengenyam pendidikan. Untuk itu hari pendidikan nasional ini harus kita maknai dengan baik. Dengan adanya kemudahan untuk mendapatkan pendidikan diharapkan para gerasi muda memanfaatkannya dengan baik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang luas dan menuntut ilmu setinggi-tingginya. Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan mengenyam pendidikan ini dengan bermalas-malasan apalagi sampai bolos sekolah. Kita harus bersyukur mempunyai kesempatan ini, karena di luar sana masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan seperti kalian. Jadikan kesempatan ini untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan kalian kelak nanti sehingga dapat menjadi generasi yang membanggakan untuk bangsa ini. 
     Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Hal tersebut berarti bahwa tujuan dari pendidikan nasional adalah supaya para peserta didik menjadi manusia berilmu pengetahuan yang luas, cakap dan kreatif juga memiliki akhlak yang mulia serta selalu beriman kepada Tuhan Yang Masa Esa. Tujuan pendidikan ini menjadi tujuan para pendidik dimanapun, yang berusaha untuk menjadikan para peserta didiknya menjadi manusia yang bukan hanya berilmu tetapi juga berakhlak baik. Mari jadikan peringatan hari pendidikan nasional ini sebagai pengingat bagi kita semua untuk menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Selamat Hari Pendidikan Nasional.

#KARYAKREATIFCENDEKIA
#SMKCENDEKIABATUJAJAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memaknai Hari Kesaktian Pancasila, Menjadi Pelajar Pancasila

Cerita Pendidikan

Perjalanan dalam Bentuk Imajinasi