Persatuan di Tengah Ancaman

     

     Saat ini dunia tengah dilanda penyakit karena virus corona, yang mana penyebarannya begitu cepat ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal ini sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan dan membuat begitu orang khawatir dan gelisah. Covid-19 ini menjadi suatu ancaman yang serius jika tidak ditangani dengan cepat. Bagi suatu negara adanya wabah penyakit merupakan sesuatu yang sering kali ditakutkan, apalagi jika penyebaran serta tingkat kematiannya begitu tinggi. Ancaman wabah penyakit seringkali diantisipasi dan dianggap sesuatu yang mengancam keberlangsungan suatu negara.
       Dikutip dari suaramerdeka.com, Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto (7/10/2019) pernah mengatakan bahwa Indonesia dalam kurun waktu lima tahun ke depan diperkirakan masih akan menghadapi berbagai ancaman nyata seperti terorisme dan radikalisme, separatisme dan pemberontakan bersenjata, bencana alam, pelanggaran wilayah perbatasan, perompakan dan pencurian kekayaan alam, wabah penyakit, serangan siber dan spionase, peredaran dan penyalahgunaan narkoba.
       Berdasarkan penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa wabah penyakit merupakan salah satu dari berbagai ancaman yang seringkali masuk dalam daftar ancaman yang mungkin akan dihadapi suatu negara. Hal tersebut bisa kita lihat saat ini, dunia dilanda wabah penyakit akibat virus corona. Organisasi Kesehatan Dunia bahkan telah menyatakan wabah Covid-19 ini secara resmi telah mencapai tingkat pandemi karena telah menyebar ke berbagai wilayah dunia.
    Ancaman karena penyebaran Covid-19 ini harus disikapi dengan bijak. Bukan hanya oleh pemerintah tetapi oleh semua warga negara Indonesia. Pemerintah telah berusaha memberikan kebijakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 ini, dan yang harus dilakukan oleh kita adalah mematuhinya. Kita harus bersatu untuk mengatasi permasalahan ini, karena semua hal tidak akan berjalan dengan efektif tanpa di dukung oleh semuanya. Untuk itu bersatulah untuk membantu negara yang kita cintai ini.
      Bisa kalian lihat dalam pemberitaan saat ini dipenuhi dengan pemberitaan mengenai Covid-19. Ada berita duka namun ada juga hal baik yang disoroti. Ada beberapa publik figure yang menyumbangkan sebagian hartanya dan juga menggalang dana untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan. Berbagai pemilik brand besar juga menyumbangkan dana yang terbilang tinggi untuk membantu dalam hal penyedian berbagai barang medis yang dibutuhkan saat ini. Semua orang bahu membahu untuk membantu negara ini. Namun di sisi lain hal miris pun seringkali terdengar seperti penolakan masyarakat terhadap jenazah pasien Covid-19, ada juga penolakan terhadap keberadaan para medis yang menangani pasien Covid-19 tinggal di lingkungan yang sama dengan mereka. Rasa empati mereka terkalakan oleh rasa takut yang salah penempatannya. Ketakutan akan terpapar virus merupakan hal yang wajar, tetapi tidak membenarkan perilaku tersebut.
       Bersatunya semua warga negara Indonesia adalah hal yang harus kita lakukan saat ini. Bersatulah untuk menghadapi masalah ini. Kita bisa jika kita Bersatu. Persatuan adalah hal yang harus kita bina saat ini agar kehidupan bisa kembali seperti sedia kala. Bersatulah untuk membangun bangsa ini. Bersatulah.


#KARYAKREATIFCENDEKIA
#SMKCENDEKIABATUJAJAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memaknai Hari Kesaktian Pancasila, Menjadi Pelajar Pancasila

Cerita Pendidikan

Perjalanan dalam Bentuk Imajinasi