Pancasila Dasar Negara, Rakyat Adil Makmur Sentosa


     Jika kalian membaca judul postingan ini, mungkin kalian membacanya dengan sedikit bernada. Ya, kalimat tersebut merupakan penggalan dari lagu Garuda Pancasila. Hari ini tepat pada tanggal 1 Juni merupakan hari lahirnya Pancasila. Penetapan hari bersejarah ini tidak terlepas dari sejarah perumusan Pancasila sebagai dasar negara pada sidang pertama BPUPKI tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Setelah melalui sejarah yang cukup panjang, Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia. Dasar adalah landasan atau hal yang bersifat utama dan pertama, sedangkan negara berarti sebuah organisasi kekuasaan yang didalamnya terdiri dari sebuah rakyat, wilayah, dan juga pemerintahan yang berdaulat. Pancasila sebagai dasar negara, berarti Pancasila merupakan landasan dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Jika Pancasila benar-benar dijadikan landasan bertingkah laku dalam semua aspek kehidupan baik di masyarakat, bangsa dan negara mungkin kalimat rakyat adil makmur sentosa benar-benar terwujud. Materi mengenai nilai-nilai pancasila dalam penyelenggaraan negara dibahas di kelas sepuluh, namun disini akan sedikit di bahas.
       Aktualisasi nilai spiritual dalam Pancasila tergambar dalam Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini berarti bahwa dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan tidak boleh meninggalkan prinsip keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Nilai ini menunjukkan adanya pengakuan bahwa manusia, terutama penyelenggara negara memiliki keterpautan hubungan dengan Sang Penciptanya. Artinya, di dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara negara tidak hanya dituntut patuh terhadap peraturan yang berkaitan dengan tugasnya, tetapi juga harus dilandasi oleh satu pertanggungjawaban kelak kepada Tuhan di dalam pelaksanaan tugasnya. Hubungan antara manusia dan Tuhan yang tercermin dalam sila pertama tersebut sesungguhnya dapat memberikan rambu-rambu agar tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran, terutama ketika dia harus melakukan korupsi, penyelewengan harta negara, dan perilaku negatif lainnya. 
     Nilai spiritual dalam Pancasila ini sekaligus menjadi nilai lokalitas bagi Bangsa Indonesia yang seharusnya dapat teraktualisasi dalam tata kelola pemerintahan. Sila pertama ini merupakan hal yang utama yang harus dilakukan. Jika sila pertama sudah dijalankan dan diimplementasikan dengan baik, sila lainnya tentu akan mengikuti. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Sila Persatuan Indonesia, dan Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan mengandung nilai pengakuan terhadap sisi kemanusiaan dan keadilan yang nondiskriminatif, demokrasi berdasarkan musyawarah dan transparan dalam membuat keputusan, dan terciptanya kesejahteraan sosial bagi semua tanpa pengecualian pada golongan tertentu. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud jika penyelenggaran kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sudah mengimplementasikan keempat nilai-nilai Pancasila di atasnya. Jika penyelenggaraan negara sudah sesuai dengan nilai Pancasila, kehidupan di Indonesia akan berjalan dengan adil, makmur, dan sentosa. 
   Selamat hari lahir Pancasila. Jadikanlah Pancasila sebagai landasan dalam bertingkah laku baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


#KARYAKREATIFCENDEKIA
#SMKCENDEKIABATUJAJAR




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memaknai Hari Kesaktian Pancasila, Menjadi Pelajar Pancasila

Cerita Pendidikan

Perjalanan dalam Bentuk Imajinasi